Wasiat Imam Ali as kepada Al-Hasan as

Posted by Diposting oleh Khaeron On 21.10

"Bukalah mata hatimu agar mampu melihat bencana-bencana yang memenuhi dunia ini. Ingatkan ia pada kebuasan terkaman zaman dan kengerian perubahan yang terjadi di waktu siang dan malamnya. Tunjukilah ia peristiwa-peristiwa orang terdahulu. Ingatkan ini atas segala yang menimpa orang-orang sebelummu. Berjalanlah di atas puing-puing rumah mereka dan reruntuhannya. Perhatikan apa saja yang telah mereka perbuat dan apa saja yang telah mereka tinggalkan. Di mana kini mereka menetap dan berdiam?
Niscaya engkau akan mendapati
mereka telah berpindah dari lingkungan orang-orang yang mereka cintai dan kini tinggal dalam lingkungan yang sama sekali asing. Seakan-akan engkau pun tak akan lama lagi akan menjadi seperti mereka. Maka, perbaikilah dirimu dan jangan jual akhiratmu dengan duniamu.
Perintahkanlah dirimu sendiri untuk berbuat amar ma'ruf, niscaya dengannya engkau akan termasuk kalangan ahlinya. Tolaklah kemungkaran dengan tindakan dan ucapanmu serta jauhilah siapa yang mengerjakannya dengan sekuat tenaga. Berjihadlah di jalan Allah dengan setulus-tulusnya jihad dan jangan gentar menghadapi celaan siapa saja yang mencelamu karena itu. Ceburkanlah dirimu ke kancah kesulitan seperti apapun dalam mencari kebenaran di mana pun ia berada.
Usahakanlah terus-menerus memperdalam pengetahuan tentang agamamu. Biarkan dirimu agar selalu sabar dan tabah dalam menghadapi segala musibah. Sungguh mulia kesabaran dalam kebenaran.
Jadikanlah dirimu bernaung di bawah lindungan Tuhanmu dalam segala urusan. Dengan begitu, engkau berarti telah memilihkan tempat bagi dirimu sendiri tempat perlindungan yang paling kuat, kukuh, lagi perkasa."

3 komentar

  1. Anonim Said,

    Ini wasiat Imam Ali untuk Al-Hasan atau untuk kita semua juga???????

    Posted on 23 Januari 2009 pukul 21.37

     
  2. asysifa Said,

    Sep La itu. banyak-banyak nulis yo

    Posted on 23 Januari 2009 pukul 21.46

     
  3. Ummiega Said,

    Silaturahmi. Semangat posting, ya saudaraku.

    Posted on 24 Januari 2009 pukul 22.50

     

Posting Komentar

Makasih atas comment nya yaaaa