SHAHIFAH AS-SAJJADIYYAH - Imam Ali Zainal Abidin

Posted by Diposting oleh Khaeron On 12.04

DOA UNTUK KEDUA ORANGTUA

Ya Allah...
Limpahkanlah sholawat teruntuk Nabi Muhammad; hamba-Mu sekaligus rasul-Mu, dan juga teruntuk keluarganya yang suci.
Istimewakanlah mereka dengan kesejahteraan-Mu, rahmat-Mu, keselamatan-Mu, dan keberkahan-Mu yang paling mulia.

Dan istimewakanlah pula kedua orangtuaku dengan kemuliaan dan kesejahteraan-Mu,
Wahai Yang Maha Penyayang.

Ya Allah,
Limpahkanlah sholawat teruntuk Nabi Muhammad beserta keluarganya.

Berilah aku petunjuk untuk mengetahui apa yang harus aku lakukan kepada keduanya,
Berilah aku kemampuan untuk mengetahui semua kewajiban itu secara sempurna,
Lalu bawalah aku menuju apa yang Engkau tunjukkan.
Berilah aku kemampuan melaksanakannya sesuai dengan yang Engkau putuskan padaku,
Sehingga aku tak luput mengamalkan apa pun yang Engkau telah ajarkan kepadaku,
Dan tidak pula diberatkan oleh beban kewajiban yang Engkau limpahkan padaku.

Ya Allah,
Limpahkanlah sholawat teruntuk Nabi Muhammad beserta keluarganya, sebagaimana Engkau muliakan kami dengannya
Limpahkanlah sholawat teruntuk Nabi Muhammad beserta keluarganya, sebagaimana Engkau wajibkan setiap hamba-Mu melaksanakan kewajibannya kepada kami berkat Rasul-Mu.

Ya Allah,
Buatlah aku takut kepada kedua orangtuaku seperti rasa takut menghadapi penguasa

Buatlah aku berbakti kepada kedua orangtuaku seperti kebajikan seorang ibu yang pengasih

Jadikanlah ketaatan dan kebaktianku kepada kedua orangtuaku sebagai rasa kasih yang lebih menyenangkan hati daripada tidurnya orang yang mengantuk,
Dan lebih terasa segar di dada daripada segarnya minuman orang yang kehausan.

Sehingga aku bisa mendahulukan keinginan mereka daripada keinginanku sendiri,
Sehingga aku bisa mengutamakan keridhaan mereka daripada keridhaanku sendiri.

Sehingga aku selalu menganggap banyak kebaikan mereka padaku meskipun itu sedikit,
Sehingga aku selalu menganggap sedikit kebaktianku kepada mereka meskipun itu banyak.

Ya Allah,
Rendahkanlah suaraku di hadapan mereka
Hiasailah ucapanku dengan kata-kata manis kepada mereka
Lembutkanlah setiap tingkah dan kelakuanku terhadap mereka
Isilah hatiku dengan rasa kasih dan sayang kepada mereka
Dan biarlah aku tetap menyertai mereka dan tetap merindukan mereka.

Ya Allah,
Terimalah rasa syukurku kepada mereka selama mereka merawatku
Tetapkanlah rasa hormatku kepada mereka
Dan peliharalah mereka seperti dulu mereka telah memeliharaku di waktu kecil.

Ya Allah,
Apapun duka dan derita yang telah menimpa mereka;
apakah itu dikarenakan kesalahan yang aku perbuat,
apakah itu dikarenakan tingkah lakuku yang tidak menyenangkan mereka,
apakah itu dikarenakan kelalaian yang aku lakukan,
Jadikanlah semua penderitaan mereka itu sebagai penebus dosa-dosa mereka,
sebagai pengangkat derajat mereka, dan sebagai penambah kebaikan mereka.
Wahai Yang Maha Kuasa merubah segala kesalahan menjadi kebaikan yang berlipat-lipat.

Ya Allah,
Apapun kesalahan yang pernah mereka perbuat kepadaku;
apakah itu berupa perkataan dan perbuatan mereka yang kelewat batas terhadapku,
apakah itu berupa kelalaian yang mereka lakukan terhadapku,
Maka semuanya itu aku serahkan segala yang baik kepada mereka
dan aku berharap Engkau mengampuni kesalahan mereka.

Aku tidaklah menuduh mereka, tidak pula melalaikan kewajibanku berbakti terhadap mereka

Karena justru merekalah yang lebih berhak atas diriku ini,
Karena justru merekalah yang lebih mulia berbuat baik kepada diriku ini,
Karena justru merekalah yang merupakan karunia terbesarku
daripada aku menuntut keadilan atau membalas sesuai apa yang diperbuat oleh mereka terhadapku.

Bagaimana Ya Ilahi,
Panjangnya masa penderitaan mereka sewaktu mereka mengurusiku

Bagaimana Ya Ilahi,
Dahsyatnya kelelahan mereka dahulu dalam menjaga dan memeliharaku

Bagaimana Ya Ilahi,
Beratnya pengorbanan mereka dalam memberikan yang terbaik bagi diriku

Sungguh besar jasa mereka dalam mencukupi semua kebutuhan-kebutuhanku

Aku tak mampu membalas kebaikan mereka, walau aku baktikan seluruh hidupku untuk mereka
Sedangkan aku tiada pula mampu melaksanakan semua kewajiban berbakti dan mengabdi kepada mereka

Ya Allah,
Limpahkanlah sholawat teruntuk Nabi Muhammad beserta keluarganya

Wahai Yang Terbaik dimintai pertolongan,
Tolonglah aku
Wahai Yang Terbaik dimintai harapan,
Tunjukilah aku

Janganlah Engkau masukkan aku ke dalam golongan orang-orang yang durhaka kepada ayah dan ibunya di hari di mana semua jiwa akan dibalas sesuai dengan amal perbuatannya, sedang mereka tidaklah akan dizalimi.

Ya Allah,
Limpahkanlah sholawat teruntuk Nabi Muhammad dan keluarganya
beserta keturunan-keturunannya

Isitmewakanlah pula kedua orangtuaku dengan keistimewaan-Mu yang paling mulia dari yang Engkau berikan kepada ayah dan ibu dari hamba-hamba-Mu yang beriman
Wahai Yang Maha Penyayang.

Ya Allah,
Janganlah Engkau membuat aku lupa mengingat kedua orangtuaku di setiap akhir sholat-sholatku

Ya Allah,
Janganlah Engkau
membuat aku lupa mengingat kedua orangtuaku di setiap saat di malam hariku

Ya Allah,
Janganlah Engkau
membuat aku lupa mengingat kedua orangtuaku di setiap waktu di siang hariku

Ya Allah,
Limpahkanlah sholawat teruntuk Nabi Muhammad beserta keluarganya

Ampunilah aku dengan doaku kepada kedua orangtuaku
Ampunilah pula mereka karena kebaktianku terhadap mereka, dengan sebuah pengampunan yang pasti.

Ya Allah,
Relakanlah kedua orangtuaku dengan syafaatku ini, sebuah kerelaan yang meyakinkan.

Ya Allah,
Bawalah kedua orangtuaku dengan kemuliaan-Mu ke tempat yang paling aman dan tentram.

Ya Allah,
Bila ampunan-Mu Engkau dahulukan kepada kedua orangtuaku,
maka berilah mereka kesempatan untuk memberikan syafaat mereka kepadaku.

Namun apabila ampunan-Mu Engkau dahulukan kepadaku,
maka berilah aku kesempatan untuk memberikan syafaatku kepada kedua orangtuaku.

Sehingga kami dapat berkumpul di negeri kemuliaan-Mu dan menikmati maghfiroh-Mu berkat kasih sayang-Mu.

Sesungguhnya Engkaulah pemilik karunia nan agung
Engkaulah pemilik keberkahan yang tiada pernah henti
Engkaulah Yang Maha Penyayang dari segala yang menyayangi.

*********

0 komentar

Posting Komentar

Makasih atas comment nya yaaaa